Soko Bisnis

Masuk Bulan Ramadan, Waktunya UMKM Optimalkan Peluang dengan Inovasi Produk

Ketika memasuki bulan Ramadan pelaku UMKM jangan khawatir omset menurun. Buat inovasi produk dengan kreatif untuk peluang meningkatkan pendapatan dan konsumen.

By Pipin Lukmanul Hakim  | Sokoguru.Id
01 Maret 2025

Ilustrasi seorang perempuan pelaku UMKM. Berikut ini lima langkah mengoptimalkan peluang usaha sepanjang bulan Ramadan.(Foto/Freepik).

SOKOGURU - Di bulan Ramadan biasanya pelaku Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM), yang khawatir dengan potensi menurunya omset.

Padahal, di bulan Ramadan bisa dijadikan sebagai peluang untuk mengoptimalkan usaha, satu di antara caranya dengan inovasi produk.

Ramadhan bisa jadi sebagai momentum UMKM dalam meningkatkan usaha dengan memanfaatkan perubahan yang terjadi, saat sebagian besar masyarakat berpuasa.

Selain itu, perlu mengetahui apa kebutuhan konsumen selama di bulan Ramadan. Sehingga produk-produk yang disajikan di pasaran bisa optimal.

Simak Cara Mengoptimalkan UMKM di Bulan Ramadan

1. Tawarkan Produk yang Banyak Diminati

Di tengah perubahan pola hidup yang berubah selama bulan Ramadan, memungkinkan kebutuhan konsumen juga ikut berubah.

Perubahan ini, justru bisa membantu UMKM untuk mengoptimalkan bisnis dengan menawarkan produk-produk khusus selama Ramadan.

Misalnya, makanan dan minuman untuk berbuka puasa atau takjil, busana muslim, dan dekorasi Ramadan, bahkan hingga perlengkapan untuk menyambut Hari Raya Idul Fitri.

Di samping itu, bisa juga menawarkan diskon khusus untuk produk-produk tersebut agar konsumen tertarik. Jangan lupa menyiapkan persediaan yang cukup untuk memenuhi permintaan.

2. Produk Kreatif dan Inovatif

Nah, bulan Ramadan ini juga bisa dijadikan sebagai momen tepat untuk pelaku UMKM menciptakan produk lebih kreatif dan inovatif.

Sebagai contoh, menjajakan kue kering, paket berbuka puasa yang unik dan menarik, atau paket sahur. Kemudian, menawarkan busana muslim dengan model berbeda dari produk di pasaran.

Dengan menawarkan produk yang unik dan inovatif, UMKM dapat menarik perhatian konsumen serta meningkatkan penjualan selama bulan Ramadan.

3. Menjaga Kualitas Layanan dan Produk

Di lain sisi, konsumen biasanya cenderung lebih sensitif terhadap kualitas produk dan pelayanan yang mereka terima.

Sebab itu, pelaku UMKM perlu benar-benar memastikan jika produk yang dijual berkualitas, dan memberikan pelayanan terbaik terhadap konsumen.

Dengan memberikan produk berkualitas dan pelayanan terbaik, tentunya dapat tingkatkan reputasi, loyalitas konsumen, dan memperoleh konsumen tetap meski nanti bulan Ramadan berakhir.

4. Tingkatkan Pemasaran Produk

Mempromosikan bisnis selama bulan Ramadan melalui media sosial bisa jadi langkah yang efektif untuk dilakukan.

Pelaku UMKM harus meningkatkan pemasaran produk dengan membuat materi promosi bernuansa Ramadan.

Selain itu, bisa mengadakan event khusus selama Ramadan dengan menawarkan diskon atau tawaran paket menarik untuk konsumen.

Platform media sosial yang bisa dimanfaatkan untuk promosi bisnis saat ini cukup banyak, di antaranya TikTok, Instagram, hingga Facebook.

5. Optimalkan Waktu dan Tenaga

Mengatur jadwal kerja yang efektif sangat diperlukan, jangan lupa menjaga kesehatan dan stamina dengan beristirahat yang cukup.

Itulah beberapa poin penting yang diikuti dalam mengoptimalkan bisnis UKM selama bulan Ramadan, semoga bermanfaat.